Perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIK) semakin pesat dan tidak terbendung. Implementasi teknologi ini sudah memasuki semua sektor yang berhubungan dengan kehidupan manusia modern. Tawaran peningkatan kualitas hidup serta beragam kemudahan yang dihasilkan dari pemanfaatan TIK masih didengung-dengungkan oleh para penggiatnya. Walaupun demikian, pertanyaan mengenai bagaimana pemanfaatan TIK tersebut beserta kontribusinya secara khusus pada daerah pedesaan (rural area) masih tetap muncul?

SNaTIKRa (Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi di Rural Area) merupakan aktifitas ilmiah yang dimulai oleh Institut Teknologi Del sejak masih sebuah institusi yang bernama Politeknik Informatika Del. Kedekatan geografis perguruan tinggi ini dengan daerah di dataran tinggi Toba memunculkan semangat untuk mengumpulkan akademisi, praktisi, ilmuwan, pemerintah dan juga sektor industri untuk berbagai pengetahuan dan hasil penelitian terkait pemanfaatan TIK di daerah rural.

SNaTIKRa 2017 merupakan kali kedua seminar nasional ini diadakan oleh Institut Teknologi Del. Pelaksanaan seminar ini dilakukan bersama Universitas Pelita Harapan (UPH) Medan. Tema SNaTIKRa 2017 adalah “Towards Smart Rural Areas in Indonesia“.